Kamis, 13 Oktober 2011

Individu,Keluarga dan Masyarakat

individu merupakan unit terkecil yang membentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial dasar, individu berati juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak bisa dipisahkan lagi menjadi bagian yang lebih kecil. pada dasarnya individu itu memiliki ciri ciri yang berbeda. Individu mempunyai karakteristik yang sama dengan kelompoknya dimana dirinya bergabung.

keluarga adalah unit terkecil masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah satu atap yang keadaan saling ketergantungan.

Masyarakat secara umum adalah sebagai kesatuan yang terjadi antara dua orang atau lebih manusia yang berbeda dalam sebuah wilayah dalam jangka waktu yang tertentu.

Aspek individu, keluarga, dan masyarakat adalah aspek aspek sosial yang tidak bisa dipisahlkan. Ketiganya memiliki keterkaitan yang sangat erat. Tidak akan pernah ada keluarga dan masyarakat apabila tidak ada individu. Sementara di pihak lainnya untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membuthkan keluarga dan masyarakat. Yaitu media dimana individu bisa mengesprsikan aspek sosialnya. Di lain sisi individu juga membutuhkan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar