Pengertian
manajemen adalah proses kegiatan dan pendayagunaan sumbersumberserta waktu
sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi
tercapainya tujuan.
Istilah
organisasi dapat diartikan sebagai : Wadah sekelompok manusia untuk saling
bekerja sama
Sedangkan
istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan
secara efisien.
Pengertian
organisasi dan metode secara lengkap adalah :Rangkaian proses kegiatan yang
harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan
faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sah ditetapkan.
Sedangkan,
metode merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan itu dengan benar dan berhasil
sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia guna mencapai tingkat efisiensi
yang maksimal.
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Organisasi
Karena
pada proses kegitan tersebut sudah ada organisasi sebagai wadah atau tempat
berkumpulnya, jadi kerjasama untuk penyelesaian kegiatan tersebut lebih
efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan organisasi terjadi
hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling memerlukan, dengan
adanya keduanya sehingga kejasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian
tujuan.
Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen dan Metode (Tata kerja)
Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen dan Metode (Tata kerja)
Dimana
suatu manajemen dengan adanya metode atau tata kerja lebih teratur karena pada
proses kegiatan tersebut dapat ditangani secara bertahap dan lebih terfokus
sehingga jika terjadi kejanggalan dapat lebih ditangani secara cepat dan tepat sasaran,
sehingga waktu yang ada tidak terbuang dengan percuma dan tidak
terjadi pemborosan.Jadi untuk mencapai tujuan tepat sasaran.
Hubungan Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
Hubungan Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
Dengan
adanya metode atau tata kerja dalam organisasi sehingga pada proses kegiatan
dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih terkoordinir dalam membentuk
sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan memanfaatkan waktu yang ada
dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat baik.
Hubungan Timbal Balik Antara
Organisasi, Manajemen dan Metode (Tata Kerja)
Jika ada organisasi, manajemen dan
metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan
waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan
proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil
yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika
dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling
menguntungkan untuk ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan
timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
- Manajemen: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata Kerja: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa
baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada
tercapainya tujuan.
Sumber :
http://sarifudin-blogku.blogspot.com/2011/09/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar