Selasa, 29 November 2011

Masyarakat desa & pembangunan pedesaan

A. Masyarakat desa
   Masyarakat desa memiliki hubungan yang lebih erat dan lebih mendalam ketimbang masyarakat kota. Biasanya mereka hidup berkelompok dan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Pekerjaan diluar pertanian hanya sekedar sampingan, meskipun ada pula sebagian kecil yang berstatus pegawai negri, TNI, POLRI, maupun karyawan swasta, namun persentasinya relatif kecil.


    Kepala desa, tokoh masyarakat dan golongan kaum tua lebih dominant berpengaruh dan memegang peranan penting serta menjadi tokoh panutan bagi warga setempat dan keputusan - keputusannya sangat mengikat bahkan telah dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari - hari dan menjadi adat setempat.


   Rasa persatuan sangat kuat dan menimbulkan saling kenal mengenal dan saling tolong menolong atau gotong royong dalam segala hal. Alat komunikasi sangat kurang sehingga komunikasi yang berkembang cenderung sangat sederhana bahkan desas - desus, kasak - kusuk masih menjadi kebiasaan dan sangat cepat diterima oleh masyarakat, meskipun hal itu biasanya dilakukan pada hal- hal yang mengarah negatif.




B. Pembangunan pedesaan
   Pembangunan pedesaan telah banyak dilakukan sejak dari dulu hingga sekarang. Tetapi hasilnya belum memuaskan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Pembangunan pedesaan seharusnya dilihat bukan hanya sebagai objek tetapi juga sebagi subyek pembangunan.
Pembanguna pedesaan harus dilihat sebagai :

  1. Upaya mempercepat pembangunan pedesaan melalui penyediaan prasarana dan saran untuk memberdayakan masyrakat, dan 
  2. Upaya mempercepat pembangunan ekonomi daerah yang efektif dan kokoh. 
   Pembangunan pedesaan bersifat multi aspek oleh karena itu perlu analisis secara lebih terarah dan serba keterkaitan dengan bidang sektor, dan aspek diluar pedesaan (fisik dan non fisik, ekonomi dan non ekonomi, sosbud dan non spasial).

   Tujuan pembangunan desa jangka panjang adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan secara langsung melalui peningkatan kesempatan kerja, kesempatan berusaha dan pendapatan berdasarkan pendekatan bina lingkungan, bina usaha dan bina manusia, dan secara tidak langsung adalah meletakan dasar - dasar yang kokoh bagi pembangunan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar