Minggu, 30 Desember 2012

Perubahan Dan Perkembangan Pada Organisasi

FAKTOR - FAKTOR PERUBAHAN
Di dalam sebuah perubahan dan pengembangan tentu dapatlah terjadi pada apapun dan siapapun tidak terkecuali dengan suatu bidang organisasi. Namun, tidak banyak individu atau organisasi yang menyukai adanya perubahan, namun perubahan tidak dapat dihindari namun harus di hadapi secara lantang dan berani.


Faktor perubahan dalam suatu organisasi dapat terjadi karna 2 faktor, yaitu :

  1. Faktor Internal
  2. Faktor Eksternal

  • Faktor internal : Merupakan suatu faktor yang segala keseluruhan faktor yang ada di dalam organisasi dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi tersebut yang bersangkutan.
  • Faktor eksternal :Merupakan segala keseluruhan faktor yang ada di luar organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi.

PROSES PERUBAHAN PADA ORGANISASI
Yang dimaksud dengan proses perubahan adalah tata urutan atau langkah - langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi.

Langkah tersebut terdiri dari :
  • Mengadakan pengkajian : Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap organisasi apapun tidak dapat menghindarkan diri dari pengaruh dari pada berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi. perubahan yang terjadi di luar organisasi itu mencakup berbagai bidang, antara lain politik, ekonomi, teknologi, hukum, sosial budaya, dan sebagainya. Perubahan tersebut mempunyai dampak terhadap organisasi, baik dampak yang bersifat negatif maupun positif. Dampak bersifat negatif apabila perubahan itu menjadi hambatan bagi kelancaran, perkebangan, dan kemajuan organisasi. Dampak bersifat positif apabila perubahan itu dapat mempelanjar kegiatan, perkembangan, dan kemajuan organisasi atau dalam bentuk kesempatan - kesempatan baru yang tidak tersedia sebelumnya.
  • Mengadakan identifikasi : yang perlu di identifikasi adalah dampak perubahan yang terjadi dalam organisasi. Setiap faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan organisasi harus diteliti secara cermat sehingga jelas permasalahannya dan dapat dipecahkan dengan tepat.
  • Menetapkan perubahan : Sebelum langkah - langkah perubahan di ambil, pimpinan organisasi harus yakin terlebih dahulu bahwa perubahan memang harus dilakukan, baik dalam rangka meningkatkan kemampuan  organisasi maupun dalam rangka mempertahankan eksistensi serta pengembangan dan pertumbuhan organisasi selanjutnya.
  • Menentukan strategi : Apabila pimpinan organisasi yakin bahwa perubahan benar - benar harus dilakukan maka pemimpin organisasi harus segera menyusun strategi untuk mewujudkannya.
  • Melakukan evaluasi : Untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu bersifat positif atau negatif, perlu dilakukan penilaian. Apabila hasil perubahan sesuai dengan harapan berarti berpengaruh postif terhadap organisasi, dan apabila sebaliknya berarti negatf.





CIRI - CIRi PENGEMBANGAN ORGANISASI


Berikut adalah pengembangan organisasi yang efektif, memiliki ciri - ciri sebagai berikut :


  • Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
  • Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
  • Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
  • Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
  • Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
  • Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.

METODE PENGEMBANG ORGANISASI

Terdapat 2 macam metode dalam metode pengembangan organisasi :

1. METODE PENGEMBANGAN PERILAKU

  • Program Geradi Manajemen, Program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dan   latihan pengembangan kelompok.
  • Pembinaan Tim, Suatu tehnik manajemen yg mencakupkan sejumlah metode spesifik   untuk membentuk kerja tim yang efektif, baik didalam maupun di   antara kelompok kerja.
  • Perencanaan Kehidupan, Suatu metode pengembangan yg mendorong dan memungkinkan   orang orang memainkan peran aktif dalam memadukan karier dan   aktivitas kehidupan mereka kearah hasil yang memuaskan
  • Pelatihan Kepekaan, Metode yang diterapkan secara luas untuk membantu orang orang   mempelajari cara peningkatan ketrampilan antar pribadi mereka.
2. METODE PENGEMBANGAN STRUKTUR
  • Manajemen Berdasarkan Sasaran/Manajemen By  Objective (MBO), Membantu menyediakan wewenang lebih besar bagi setiap   orang untuk menentukan tujuan pekerjaan mereka
  • Sistem 4, Merupakan pendekatan yg diterapkan secara luas untuk   mengembangkan karakteristik desain organik dalam suatu   organisasi.
  • Teknologi Desain Maps(Multivariate Analysis), Metode mendesain organisasi berdasarkan hubungan yg   dipandang perlu untuk melaksankan tugas individu

Sumber :
http://tkampus.blogspot.com/2012/01/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html
http://rosdianya.wordpress.com/2011/12/20/ciri-ciri-pengembangan-organisasi/
http://idadwiw.wordpress.com/2011/12/19/metode-pengembangan-organisasi/
http://idadwiw.wordpress.com/2011/12/18/faktor-faktor-perubahan-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar